Ciri-ciri hamil anak laki-laki kadang jadi pertanyaan besar bagi anda yang memang mengidamkan anak laki-laki. Seorang anak laki-laki bagi beberapa orang adalah sebuah kebanggan dan diharapkan menjadi seorang pemimpin keluarga dan mampu meraih cita-cita tinggi dan membanggakan orang tuanya. Keinginan mempunyai anak laki-laki bisa didorong juga dari faktor orang tuanya, orang tua yang cenderung punya banyak saudara perempuan biasannya ingin sekali punya anak cowok. Demikian juga sebaliknya.

Mungkin anda bisa menyebutnya mitos, kepercayaan, cenayang ataupun mungkin hanya tebak-tebakan untuk seru-seruan. Bagi beberapa orang jawa mitos-mitos ini sangat dipercaya oleh beberapa orang dan bahkan mitos-mitos mengenai ciri-ciri hamil anak laki-laki ini dipercaya juga oleh orang-orang barat, cina dan berbagai negara lain.

Apa saja ciri-ciri hamil anak laki-laki? Mitos atau Fakta?

Bagi anda mungkin mitos ini tidak masuk akal dan mungkin ada juga yang masuk akal dan bisa didukung dari segi kedokteran. Terlepas dari benar tidaknya, mari kita simak ciri-ciri hamil anak laki-laki. Paling tidak bisa kita jadikan seru-seruan bersama pasangan, sahabat dan keluarga.

ciri-ciri hamil anak laki-laki

Mitos ciri-ciri hamil anak laki-laki

Ciri-ciri hamil anak laki-laki atau cowok kadang menuai banyak kontroversi. Hal ini karena terkadang apa yang dijadikan indikator dari ciri-ciri hamil tersebut tidak sesuai medis ataupun logika. Namun tidak sedikit ciri-ciri tersebut sudah dipercaya oleh beberapa orang secara turun temurun sejak zaman dulu. Meskipun sekarang ini era digital nan modern dan alat kedokteran sudah canggih untuk mendeteksi dan melihat jenis kelamin janin dalam kandungan, namun banyak juga yang percaya menebak jenis kelamin bayi dari ciri-ciri yang kadang bisa dikatakan aneh. Bagi anda yang ingin tahu jenis kelamin lebih dahulu sebelum lahir, anda bisa menanyakan ke dokter pada usia kehamilan bulan ke 6. Pada bulan ini sudah terlihat cukup jelas jika memang anda mendapatkan anak laki-laki.

1. Posisi janin dalam kandungan diatas

Mitos ini banyak dikenal dan banyak dipercaya dinegara barat. Jika anda amati dengan seksama maka akan melihat dan merasakan posisi janin dalam kandungan, dalam hal ini adalah posisi janin diatas atau dibawah. Jika bayi anda berada pada posisi perut bagian atas atau lebih coondong keatas maka itu adalah ciri hamil anak laki-laki.

2. Bentuk Perut Lancip

Jika dikaitkan pada ciri diatas, ciri ini hampir sama dengan melihat bentuk perut. Mitos ini banyak dipercaya oleh orang jawa. Jika anda melihat bentuk perut anda menjulang dan terlihat lancip maka anda hamil anak laki-laki, jika bentuk perut anda bulat melebar maka anda hamil anak perempuan.

3. Malas Merawat diri

Bagi wanita sudah hal yang biasa dan naluri mereka untuk merias diri dan berdandan. Nah, bagi kebanyakan orang jawa hal ini dijadikan ciri-ciri untuk melihat jenis kelamin bayi. Pada wanita hamil anak laki-laki biasanya anda malas untuk berdandan, malas merias wajah dan tidak terlihat secantik biasanya. Orang jaman dulu dari ciri inilah yang paling banyak dipercaya dan dijadikan “ilmu titen“.

4. Ekspresi Raut Wajah

Satu lagi ciri hamil anak laki laki dari segi raut wajah adalah eskpresi wajah sang ibu hamil tidak terlihat cerah dan berseri. Hal ini bisa dikaitkan juga dari malasnya merias wajah dan kadang malas membersihkan diri.

5. Malas dan Lesu

Sepertinya sudah menjadi hal yang biasa jika kita melihat wanita rajin bangun pagi lalu bersih-bersih dan melakukan kegiatan yang lain. Saat hamil anak laki-laki, pada wanita hamil biasanya menjadi sosok wanita pemalas. Malas bangun padi, malas mandi pagi dan banyak merasa lesu dan tidak bersemangat.

6. Suka Makan Asin dan Gurih

Salah satu ciri orang hamil adalah mengidam. Selain ngidam mungkin anda akan merasakan perubahan kebiasaan makan. Bagi anda yang hamil anak laki-laki salah satu cirinya dari segi pola makan adalah tanpa anda sadari anda akan lebih memilih makanan yang punya rasa gurih dan asin. Sedangkan jika perempuan lebih memilih makanan manis.

7. Gerakan Janin Teratur

Ini adalah mitos orang china. Orang china percaya bahwa bila janin dalam kandungan anda bergerak dan menendang dengan teratur dan berirama maka anda hamil anak laki-laki. Dalam mitos orang jawa juga hampir sama, kebiasaan janin yang kadang menendang dengan keras hingga merasakan sakit namun kadang biasa saja gerakannya maka anda hamil anak perempuan. Jadi dalam mitos china bisa disebut gerakan tidak teratur dan berirama dan masuk ciri hamil anak perempuan.

 8. Putaran Cincin Kawin

Mungkin ini salah satu mitos mengenal jenis kelamin bayi yang agak aneh, yaitu jika anda gantungkan cincin kawin anda pada ranjang dan cincin bergerak kesamping maka anda hamil anak laki-laki, jika gerakan cincin memutar maka anda hamil anak perempuan.

9. Hitungan Usia Ganjil

Sebenarnya ini adalah cara orang china menghitung lewat usia anda saat hamil, baik tahun dan bulannya. Namun bagi orang umum perhitungan ini dipermudah yaitu dengan cara menjumlahkan berapa tahun usia anda saat hamil ditambah bulan anda saat hamil, jika hasilnya ganjil maka anda mengandung anak laki-laki.

10. Hitungan Detak Jantung kurang dari 140 permenit

Cobalah anda raba dan rasakan detak jantung janin anda, jika dalam satu menit detak jantung kurang dari 140 kali maka anda sedang hamil anak laki-laki.

Fakta Ciri-Ciri Hamil anak Laki-Laki

Ciri-ciri hamil anak cowok dari daftar mitos diatas bisa menjadi hal yang menarik dan membuat penasaran. Namun demikian jangan sampai mitos-mitos tentang jenis kelamin menjadi hal pemicu perseteruan anda dengan pasangan atau sahabat. Karena dalam kenyataannya jenis kelamin bayi sulit untuk dipastikan dari mitos-mitos diatas. Kemungkinannya tentu saja 50% saja.

1. Tidak ada studi kedokteran yang membenarkan

Dari beberapa mitos diatas tidak ada penelitian resmi yang bisa membenarkan macam-macam mitos tentang ciri-ciri hamil anak laki-laki. Namun akan tetap jadi misteri dan menarik bagi anda yang menginginkan jenis kelamin bayi menjadi kejutan saat kelahiran nanti.

2. Kepastian dari hasil USG

Dari USG dokter bisa kita ketahui apa jenis kelamin janin dalam kandungan. Sebenarnya alat kelamin akan mulai terlihat pada usia kehamilan 5 bulan. Namun kebanyakan dokter akan memberikan informasinya pada usia hamil bulan ke 7. Hal ini karena pada usia janin bulan ke 7 alat kelamin sudah jelas terlihat dan tentu ini akan menghindarkan bunda dari rasa kecewa jika dipaksakan untuk mengetahui jenis kelamin terlalu dini pada usia hamil bulan ke 5. Oleh karena itu kadang ada yang bilang jenis kelamin berubah, padahal kemungkinan besar karena jenis kelamin belum jelas terlihat tapi sudah diinformasikan dahulu.

Ciri-ciri hamil anak laki-laki baik mitos dan fakta diatas bisa kita jadikan masukan untuk menambah informasi tentang jenis kelamin bayi saat hamil. Benar atau tidak, percaya atau tidak saya serahkan kepada bunda sekalian.