Ciri-ciri hamil anak perempuan pada dasarnya adalah kebalikan dari ciri-ciri hamil anak laki-laki. Namun maksud dari kebalikan ini juga bisa berbeda dalam bentuk lain. Ciri hamil anak perempuan bisa dilihat dari beberapa hal yang mungkin banyak hal yang bisa dikaitkan dan disebut sebagai mitos. Dan mitos-mitos ini ada juga yang bisa dilogika dan masuk akal dan ada juga yang tidak.

Setelah anda mengalami gejala dan ciri-ciri hamil muda, pertanyaan selanjutnya yang membuat penasaran adalah jenis kelamin calon bayi. Mitos-mitos ciri-ciri hamil baik perempuan maupun laki-laki berkembang dan sudah ada dari jaman nenek moyang kita. Ada yang memang bersumber dari Indonesia namun ada juga yang bersumber dari china maupun negara-negara barat.

Ciri ciri hamil anak perempuan

Mungkin anda bertanya apakah mitos-mitos itu benar? Nah, namanya juga mitos bisa benar dan juga salah. Lalu apa bisa dikaitkan dengan kedokteran? mari kita simak dahulu beberapa ciri-ciri hamil anak perempuan.

Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan

1. Posisi janin dalam kandungan dibawah

Maksud dari posisi janin dlam kandungan adalah letak dari janin yang bisa dilihat dari posisinya dalam bagian perut anda, apakah berada dibawah atau diatas. Jika dibawah maka akan terlihat perut lebih condong kebawah, jika posisi seperti itu maka anda akan mendapatkan seorang anak perempuan dan jika condong keatas maka anak laki-laki.

2. Bentuk perut bulat rata

Ciri hamil anak perempuan kali ini adalah mitos dari orang jawa. Dimana jika bentuk perut anda terlihat bulat rata dan tidak menjulang maka anda sedang hamil anak perempuan. Jika bentuknya menjulang dan lancip maka anda hamil anak laki-laki. Sebenarnya ini berlawanan dengan mitos orang barat, dimana menurut orang barat bentuk yang bulat seperti bola basket dikatakan hamil anak laki-laki.

3. Senang Merawat diri

Ciri ini juga mitos orang jawa dan orang indonesia pada umumnya. Jika selama kehamilan anda senang merawat diri, merias wajah anda, menyisir rambut dengan baik dan sering berada didepan cermin maka anda sedang hamil anak perempuan. Namun jika anda malas merias dan merawat diri maka anda hamil anak laki-laki.

4. Ekspresi Raut Wajah Berseri

Seorang wanita hamil anak perempuan akan terlihat berseri dan bercahaya. Jadi jangan heran kalau ada yang bilang anda terlihat cantik saat hamil maka kemungkinan besar anda sedang hamil anak perempuan. Hal ini juga didukung dengan rajinnya anda merawat dan merias diri sebagai salah satu ciri anda sedang mengandung seorang cewek.

5. Tambah Rajin Mandi

Jika kadang anda malas untuk mandi pagi saat weekend, maka malas ini akan hilang dengan sendirinya jika anda sedang mengandung anak perempuan. Anda akan mudah bangun pagi dan terlihat senang dan bersemangat untuk mandi pagi lalu berdandan. Dalam hal lainnya juga begitu, anda merasa lebih rajin dalam urusan kebersihan kamar dan lainnya. Namun jika anda merasa malas maka kemungkinan anda sedang hamil anak laki-laki.

6. Suka Makan Manis

Orang yang hamil anak perempuan biasanya  lebih suka makan-makanan yang rasanya manis. Terutama pada mulai kehamilan bulan ke 7 hingga bulan ke 9. Anda akan suka makan cokelat, susu, permen manis, es krim dan lain-lain yang rasanya cenderung manis.

7. Gerakan Janin Tidak Teratur

Pergerakan janin dalam kandungan menjadi hal yang diperhatikan untuk dijadikan ciri hamil anak perempuan. Mitos ini berasal dari orang china dimana janin yang gerakannya tidak teratur dikatakan akan punya jenis kelamin perempuan. Yng dimaksud gerakan tidak teratur ini adalah gerakan janin tidak ada ritmenya, kadang dia menendang dengan keras dan sering bergerak pada malam hari namun kadang juga terjadi pada siang hari.

8. Putaran Cincin Kawin

Putaran cincin kawin adalah mitos ciri hamil anak perempuan dengan cara ikat dan menggantungkan cincin kawin anda pada tempat tidur anda. Jika cincin yang tergantung tadi bergerak memutar maka anda sedang hamil seorang cewek, dan jika putarannya kesamping anda sedang hamil anak cowok.

9. Hitungan Usia Genap

Yang dimasksud hitungan usia genap adalah menghitung usia anda saat hamil ditambahkan dengan bulannya, jika hasilnya genap maka anda sedang hamil anak perempuan namun jika hasilnya ganjil anda hamil anak laki-laki.

10. Hitungan Detak Jantung lebih dari 140 permenit

Dekatkan telinga anda dan mulailah menghitung detak jantung dalam kandungan. Jika dalam satu menit detak jantung calon bayi anda lebih dari 140 kali maka anda sedang mengandung anak perempuan. Jika kurang dari 140 maka anda hamil anak laki-laki.

 

Fakta Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Pada prinsipnya jenis kelamin anak yang anda kandung punya peluang 50% karena hanya ada dua pilihan, laki-laki atau perempuan. Ciri-ciri hamil anak perempuan yang ada dalam daftar diatas adalah beberapa hal yang lebih mengarah pada mitos. Karena ciri-ciri diatas adalah berdasarkan kebiasaan atau ilmu tradisional yang digunakan untuk mengingat atau orang jawa disebut “ilmu titen” ataupun ada yang bilang primbon.

Jika anda merasa sedang hamil anak perempuan dengan ciri-ciri diatas, ada baiknya juga anda tahu tentang fakta-fakta seputar ciri-ciri hamil anak perempuan.

1. Dari segi kedokteran

Dari beberapa hal mengenai mitos hamil anak perempuan pada dasarnya tidak ada ilmu kedokteran yang mendukungnya. Memang ada beberapa pihak yang menyatakan ada beberapa yang bisa dikatakan berkaitan dengan kedokteran, seperti gerakan janin, detak jantung dan kebiasaan makan. Namun banyak pihak yang tidak mendukung pernyataan tersebut karena memang dalam penelitian dan fakta kedokteran tidak ada yang bisa mendukung keterkatan mitos-mitos ciri hamil anak perempuan diatas adalah benar adanya.

2. Jenis kelamin dilihat dari USG

Melihat jenis kelamin anak perempuan dengan USG adalah cara paling tepat yang dapat anda lakukan mulai pada using kehamilan 6 bulan atau jika lebih ingin jelasnya pada usia 7 bulan. Dengan USG pada usia hamil 7 bulan sudah dapat terlihat dengan jelas jika janin anda tidak ada benjolan maka dapat dikatakan anda sedang mengandung anak perempuan.

 

Ciri-ciri hamil anak perempuan pada uraian diatas dapat dikatakan bahwa jenis kelamin secara pasti tidak dapat ditentukan dengan mitos. memang kebenaran mitos ini tergantung dari kepercayaan dan keyakinan anda. Bagi yang tidak percaya akan mitos setidaknya hal-hal diatas bisa dijadikan tebakan atau seru-seruan bersama pasangan, sahabat dan keluarga anda.

Selain mitos dan fakta ciri-ciri hamil anak perempuan, anda juga bisa membandingkannya dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki supaya anda juga tahu kemungkinannya jika anak yang anda kandung bukan seorang perempuan.