Hamil bulan ke 2 adalah salah satu periode penting dalam perkembangan janin dari bulan ke bulan, karena pada bulan ke dua ini sudah bisa dikatakan ada janin dalam rahim anda dimana pada hamil bulan ke 1 masih dikatakan sebagai zygot sekarang bisa disebut sebagai embrio.

Periode kehamilan bulan ke 2 terjadi perkembangan dari segi fisik meskipun belum detail namun organ penting sudah terbentuk. Jari akan mulai terlihat, telingan dan yang penting adalah detak jantung sudah mulai lebih cepat secara perlahan.

Perkembangan Janin Bulan ke 2

Berikut perkembangan janin pada bulan ke 2 dimana bila kita menghitung usia kehamilan dari minggu ke minggu bisa dikatakan mulai pada akhir bulan 5 dan awal bulan 6. Karena minggu 5 sudah masuk pada hamil bulan 1 maka kita bisa bahas perkembangan janin bulan ke 3 ini dengan minggu ke 6. Dari awal bulan ke 2 hingga akhir bulan kedua, ukuran janin bisa berkembang dari 8 milimeter hingga 2,5 centimeter.

  • Hamil Minggu ke 6

    hamil bulan 2 minggu 6Pada minggu ke 6 janin dalam kandungan anda akan mulai memberikan irama detak jantung yang lebih stabil. Perlu diketahui bahwa hingga kelahirannya nanti pada dasarnya jantung janin berdetak 150 kali tiap menit dimana itu kurang lebih dua kali lipat dari orang dewasa. Diminggu ini janin sudah mempersiapkan mengembangkan otak dan sarat-sarat otak.

 

  • Hamil Minggu ke 7

    hamil bulan 2 minggu 7Minggu ke 7 akan terlihat detail-detail organ, hal-hal menakjubkan dimulai diminggu ke 7 ini dimana pada janin akan mulai membentuk wajahnya. Akan mulai terlihat bintik atau tanda hitam pada wajah yang memperlihatkan dimana mata, hidung, mulut dan telinga akan terbentuk. Otak janin juga telah mulai berkembang secara kompleks beserta sarat-saraf otak akan mengembangkan sel-sel baru hingga 100 ribu sel tiap menit. Janin akan mulai bergerak meskipun sangat sedikit dan sang ibu belum bisa merasakan gerakan tersebut.

 

  • Hamil Minggu ke 8

    hamil bulan 2 minggu 8Pada kehamilan minggu ke 8, organ yang sudah mulai nampak pada minggu sebelumnya akan terus tumbuh dan berkembang. Akan tampak jelas kedua bibir janin pada mulutnya, terbentuknya kelopak mata, hidung yang mulai tumbuh dan organ dalam seperti hati juga semakin kuat. Besarnya janin akan tumbuh dengan cepat dan hampir 4 kali lipat dari sebelumnya.

 

  • Hamil Minggu ke 9

    hamil bulan 2 minggu 9Bagi beberapa orang tidak sabar menunggu mengetahui jenis kelamin anaknya. Meskipun dalam kedokteran dan kebanyakan dokter akan memberikan kepastian pada bulan ke 7 mengenai jenis kelamin, namun dalam kenyataannya hamil minggu ke 9 atau diakhir bulan ke 2 kehamilan inilah periode pembentukan jenis kelamin dimulai. Namun pembentukan disini belum akan terlihat bila di USG sekalipun apakah perempuan atau laki-laki. Organ penting seperti pankreas, empedu dan pembentukan sidik jari dimulai diminggu ke 9 ini. Ukuran janin akan terlihat besar pada kepalanya bila dibandingkan dengan tubuhnya,yaitu sekitar separohnya.

 

B. Perkembangan ibu Hamil 2 Bulan

ibu hamil 2 bulanPada kehamilan bulan ke 2 sang ibu akan merasakan ciri hamil yang lebih terasa, baik fisik maupun psikologis. Bagi anda yang sudah mengetahui bahwa anda sedang hamil, maka selamat atas kehamilan anda. Bagi beberapa orang mungkin belum mengetahui kehamilannnya, karena ciri-ciri hamil seperti mual dan muntah atau biasa disebut dengan morning sickness tidak selalu dirasakan oleh tiap wanita hamil. Kadang ada yang merasa mudah lelah, sering buang air kecil dan insomnia.

 

1. Perkembangan, Gejala dan Ciri Fisik

  • Tes kehamilan akan menunjukan 2 garis tanda anda sedang hamil
  • Tanda awal utama adalah mual dan muntah atau morning sickness
  • Mudah lelah dan merasa sangat letih
  • Merasakan seperti akan haid dan bahkan disertai dengan kram ringan

2. Perkembangan dan Gejala Emosional

  • Mungkin anda masih tidak percaya anda sedang hamil
  • Ada kalanya anda merasa bersalah karena terkadang anda lupa anda sedang hamil

C. Ciri Umum Hamil 2 Bulan

Pada kehamilan bulan ke dua tubuh anda telah mengalami perubahan dalam hal penurunan gula darah, progesteron dan peningkatan volume darah. Hal-hal diatas akan menambah kuat ciri-ciri hamil pada bulan sebelumnya. Sebagian besar ciri-ciri hamil 2 bulan ini hampir sama dengan ciri bulan pertama kehamilan, bedanya adalah pada efek yang ditimbulkan akan lebih terasa kuat. Kondisi ini kadang akan terlihat seperti hamil anggur, namun untuk hamil anggur akan ada hal-hal lebih spesifik. Karena itu alangkah baiknya mengetahui tentang hamil anggur. Beberapa ciri-ciri hamil 2 bulan adalah:

  • Mual-mual dan muntah, efek morning sickness ini pada beberapa wanita akan masih terasa bahkan hingga 3 bulan kehamilan.
  • Sakit kepala, efek dari peningkatan hormon dan produksi darah.
  • Mudah lelah, dan terasa ingin lebih banyak tidur
  • Merasakan perut sudah mulai membesar dan berat badan naik
  • Ngidam dan banyak makan, pastikan anda mengatur gizi makanan.
  • Sering buang air kecil, ini juga efek dari hormon dan rahim yang mulai membesar dan menekan kandung kemih.

Kondisi hamil bulan ke 2 membuat tubuh anda banyak menyesuaikan diri, peningkatan hormon dan perkembangan rahim mengharuskan anda untuk konsumsi makanan sehat. Di bulan ke 2 ini beberapa wanita hamil yang tidak kontrol akan makan semua hal yang diinginkan, karena itu pasangan dan diri anda sendiri harus bisa menjaga dan memilih makanan sehat untuk anda dan perkembangan janin anda.


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9