Hamil di bulan ke 3 bagi kebanyakan wanita sudah hampir semua mengetahui kalau dia sedang hamil dan sudah melakukan tes kehamilan. Banyak hal yang perlu dipelajari tentang kehamilan bulan ke 3 ini, tentang perkembangan janin, perlakuan dan ciri-ciri hamil 3 bulan karena terkadang ada beberapa wanita yang belum menyadari kehamilan meskipun ciri-ciri hamil bulan ke 3 sudah cukup jelas.

Biasanya kehamilan pada bulan ke 3 orang-orang terdekat kita sudah mulai kita kabari, kegembiraan datang dan kita jadi ingin mengetahui hal apa saja yang sekiranya terjadi dan yang terbaik kita lakukan untuk menjaga kondisi sang bayi. Kita perlu mengetahui dan mengontrol kondisi tubuh bagi kita yang sedang hamil maupun kondisi sang bayi dalam kandungan dari bulan ke bulan.

A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 3

Pada kehamilan bulan ke 3 inilah dimana organ-organ bayi mulai terbentuk dengan baik. Semua organ telah terbentuk semua, mulai dari tangan, jari tangan, kaki, jari kaki dan mulut telah terbentuk baik. Organ dalam juga sudah lengkap dan hati sudah memproduksi empede, urin dan sistem peredaran darah sudah mulai bekerja. Ukuran janin pada bulan ke tiga bisa mencapai panjang 7,6 cm hingga 10 cm dengan berat sekitar 28 gram atau 1 ons.

Jadi mari kita pelajari apa saja yang terjadi pada usia kehamilan 3 bulan.

  • Hamil Minggu ke 10

    hamil bulan 3 minggu 10Awal hamil bulan ke 3 yaitu pada minggu ke 10 bakal bayi yang sebelumnya dikatakan sebagai embrio, maka pada minggu ke 10 ini sudah bukan embrio lagi namun sudah disebut sebagai janin. Hal ini karena organ-organ sudah mulai lengkap, misalnya jari tangan dan jari kaki sudah mulai terpisah dan mampu bergerak meskipun sangat sedikit. Berfungsinya pankreas memproduksi urin dan tulang sudah mulai mengeras. Dan yang terpenting dalam minggu ke 10 ini adalah pertumbuhan otak yang berkembang pesat menyusun dan membentuk 250 ribu neutron tiap menit.

  • Hamil Minggu ke 11

    hamil bulan 3 minggu 11Mungkin anda bertanya, apakah bayi didalam kandungan bernafas? jawabannya adalah Ya dan janin pertama kali bernafas pada minggu ke 11. Organ paru-parunya sudah mulai bekerja. Memang didalam kandungan tidak ada udara untuk bernafas dan janin bernafas dalam air yaitu air ketuban yang masuk dalam paru-paru dan air ketuban jugalah yang membantu paru-paru janin berkembang. Letak telinga yang sebelumnya belum proporsional, di minggu ke 11 ini telinga janin bergeser untuk mengikuti juga perkembangan kepalanya.

  • Hamil Minggu ke 12

    hamil bulan 3 minggu 12Meskipun terlalu dini untuk merasakan gerakan bayi, namun kenyataannya pada minggu ke 12 inilah bayi mulai bisa merespon sesuatu dengan gerakan. Janin sudah mampu menggerakkan jari-jari tangan dan kaki. Pada beberapa kasus bagi anda yang memegang perut akan merasakan respon bayi yang mulai menendang dan meninju, bayi juga bisa bergerak bergeser meskipun belum semua bisa dirasakan oleh sang ibu hamil.

 

  • Hamil Minggu ke 13

    hamil bulan 3 minggu 13Minggu ke 13 adalah dimulainya pembentukan kesempurnaan janin untuk menjadi bayi dengan bentuk yang semakin lama telah mirip manusia. Mata yang sebelumnya terletak agak disamping maka pada minggu 13 mata akan berpindah ke depan. Begitu juga posisi telinga yang telah baik. Tubuh akan berkembang dengan cepat dan mulai membesar pada minggu ini. Meskipun kaki belum proporsional panjangnya, namun tangan sudah memanjang dan proporsional dengan tubuhnya.

  • Hamil Minggu ke 14

    hamil bulan 3 minggu 14Pada akhir kehamilan bulan ke 3 yaitu minggu ke 14 janin sudah mulai menghisap jempolnya sendiri. Langit-langit mulut juga sudah baik dan pipi janin sudah terlihat lebih besar atau cabi. Jika bayi anda laki-laki maka janin sudah mulai membentuk prostat dan jika bayi anda perempuan maka janin sudah membentuk ovarium dan bergerak ke dalam pinggul.

 

 

B. Perkembangan Ibu dan Ciri Hamil 3 Bulan

ibu hamil 3 bulanDari sisi emosional kondisi ibu paling bergejolak pada kehamilan bulan ke 3, hal ini karena ada beberapa wanita yang belum memberitahukan ke rekan atau saudara karena bisa merasa belum siap memberi kabar atau menunggu hingga memang kehamilan sudah terlihat. Anda bisa merasa telah menyembunyikan sesuatu dan bagi beberapa wanita membuatnya mudah marah.

1. Perubahan dan Ciri-ciri Fisik

  • Ciri kehamilan masih berlanjut mulai dari mual dan muntah, mudah lelah dan gairah sek anda akan menurun.
  • Perut anda memang belum menunjukan perubahan membesar namun pada akhir trimester pertama ini rahim anda sudah berada sedikit diatas panggul.
  • Anda akan merasakan perubahan pada payudara yang lebih membersar dan terasa lebih lembut. Pada bagian puting akan terlihat lebih gelap.
  • Anda mungkin akan merasakan pusing karena lelah dan efek morning sickness.

2. Perubahan dan Ciri-ciri Emosional

  • Perasaan cemas akan kondisi sang janin sudah umum dirasakan karena anda sedang mencemaskan kesehatan calon bayi anda
  • Kekhawatiran atau kecemasan anda bisa mempengaruhi pasangan atau suami anda untuk juga merasa cemas

Tahap kehamilan bulan ke tiga masih memerlukan kewaspadaan untuk menjaga janin kita, karena pada bulan ke tiga masih memungkinkan adanya pendarahan yang menyebabkan keguguran. Alangkah baiknya anda menjaga dan selalu konsultasi ke dokter jika ada masalah dalam kehamilan anda.

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9