Pada kehamilan bulan ke 4 anda sudah tidak begitu khawatir akan bahaya pendarahan yang banyak terjadi. Hal ini karena bayi telah menempel lebih kuat dari sebelumnya. Namun demikian kita tetap harus mengontrol diri dan menjaga kandungan.

Pada bulan ke 4 kehamilan banyak perkembangan yang telah terjadi pada janin didalam rahim anda. Mata sudah terbentuk dengan baik, struktur gigi dan tulang telah mengeras, bulu mata, alis, kuku dan rambut telah terbentuk. Alat reproduksi atau kelamin bayi telah mulai berkembang, meskipun sulit dan tidak begitu jelas saat di USG namun pada hamil bulan ke 4 ini jenis kelamin sudah dapat terlihat. Detak jantung bayi sudah mulai terdengar dan jantung mampu memompa 25 liter darah perhari.

Sementara perkembangan berat janin pada kisaran 85 gram dan panjang bayi sekitar 16 centimeter.

A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 4

  • Hamil Minggu ke 15

    USG hamil bulan 4 minggu 15

    Awal hamil bulan ke 4 bulu-bulu halus sudah mulai tumbuh, hal ini juga berfungsi untuk mempertahankan suhu panas dalam tubuhnya. Yang kemudian bulu tubuh ini bisa juga rontok saat akan dilahirkan. Disini pulalah tumbuhnya bulu mata dan alis dimulai. Bayi anda sudah bisa menggerakan otot-otot wajah seperti meringis dan mengerutkan wajah. Namun hal itu bukanlah ekspresi wajah suasana hatinya hanya untuk meregangkan otot wajahnya.

 

  • Hamil Minggu ke 16

    hamil bulan 4 minggu 16Pengerasan tulang pada janin dimulai minggu ke 16 ini, tulang-tulang akan lebih keras meskipun masih lentur dan tidak kaku, hal ini akan diperlukan untuk nanti dalam proses kelahirannya juga supaya dia bisa berjalan pada rahim dan lekuar lebih mudah. Bagianda yang mempunyai bayi perempuan, pada minggu ini sudah mereproduksi ratusan ribu sel telur yang kemudian bisa menjadi anak-anaknya dimudian hari jika sudah siap dan dewasa. Tali pusat sebagai media masuknya nutrisi juga sudah kuat sehingga janin dalam rahim anda akan lebih nyaman bergerak.

  • Hamil Minggu ke 17

    hamil bulan 4 minggu 16Tali pusar masih berkembang dan menjadi lebih tebal dan kuat. Bayi anda sudah mulai memproduksi jaringan lemak yang membantu dia dalam menyesuaikan panas tubuhnya. Kaki dan lengan sudah mulai memanjang, lengannya sudah bisa meraih kepalanya dan bisa menepuk-nepuk. Telingan bayi juga sudah mulai sempurna dan mempersiapkan diri untuk bisa mendengar suara.

 

  • Hamil Minggu ke 18

    hamil bulan 4 minggu 18minggu ke 18 bayi anda sudah mulai bisa mendengar suara-suara, baik itu dari dalam seperti aliran darah tali pusar, detak jantung sang ibu dan juga suara-suara dari luar seperti musik, jeritan dan suara-suara diluar dekat dengan dia. Pada minggu inilah anda mulai bisa mendengarkan musik pada bayi anda. Meskipun tidak mengerti maksudnya, bayi sudah bisa merasakan dan tentu suara-suara dari orang tua atau sang ibu menjadi tidak asing jika sering mendengarkan.

 

 

B. Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil 4 Bulan

ibu hamil 4 bulanPada awal trimester kedua, sang ibu biasanya sudah mulai bisa menikmati kehamilannya. Sang ibu merasa lebih lega dan mulai berbagi kebahagiaan bersama rekan, sahabat dan saudara. Kabar kehamilan anda sudah mulai tersebar. Dan berita baiknya adalah resiko keguguran pada trimester kedua menurun seiring menguatnya janin pada rahim. Perkembangan perubahan dan gejala yang mungkin terjadi adalah:

1. Perubahan dan Gejala Fisik

  • Produksi hormon kehamilan sekarang diambil alih oleh plasenta. Oleh karena itu anda akan merasa lebih baik dari bulan lalu karena ciri-ciri hamil seperti mual dan muntah, lelah, kram dan pusing sudah mulai hilang.
  • Akan nampak perubahan pada perut, perut akan terlihat sedikit membesar meskipun anda belum membutuhkan baju hamil.
  • Jantung anda akan berdetak lebih kencang, karena pada masa ini tubuh anda akan memproduksi darah dalam jumlah yang banyak.

2. Perubahan dan Gejala Emosional

  • ¬†Anda akan menerima keaadaan lebih mudah dari sebelumnya bahwa anda sedang hamil
  • Mungkin anda akan kesal bila ada masalah atau hal tertentu dimana orang tidak menyadari bahwa anda sedang hamil

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9