Hamil bulan ke 5 mungkin anda sudah memerlukan pakaian hamil karena perut anda sudah membesar. Kabar bagusnya anda sudah melewati masa rawan keguguran akibat pendarahan yang bisa dikarenakan kecapekan dan menempelnya janin yang belum kuat. Hal ini karena bisa dipastikan janin sudah menempel kuat dan anda tidak akan menjumpai flex darah. Namun demikan cukup istirahat dan makan makanan bergizi akan sangat membantu kondisi anda dan kondisi janin dalam kandungan.

Ciri-ciri kehamilan pada bulan kelima sudah tidak perlu dipertanyakan secara mendetail, karena sudah pasti anda akan tahu jika anda sedang hamil bulan ke 5. Lakukan perhitungan usia kandungan dengan kalender hamil jika anda ragu tentang usia kehamilan.

Pada bulan kelima ukuran bayi anda bisa mencapai 25 cm dan berat hampir setengah kilogram yaitu berkisar 0,45 kg.

A. Perkembangan Janin Hamil bulan ke 5

 

  • Hamil Minggu ke 19

    hamil bulan 5 minggu 19Tangan dan kaki bayi sudah mulai proporsional. Mungkin anda sudah mulai bisa merasakan gerakan sang janin karena bayi sudah mulai memperkuat jaringan otot untuk bergerak. Koordinasi otak dan gerakan dipersiapkan untuk membantunya dalam melakukan gerakan dan pelemasan otot. Kulit bayi akan mulai mengembangkan lapisan yang lembut dan berwarna putih yang disebut dengan vernix caseosa.

 

  • Hamil Minggu ke 20

    hamil bulan 5 minggu 20Sekarang bayi anda akan semakin tumbuh besar dan mulai menelan air ketuban meskipun nutrisi utamanya dialirkan melalui plasenta pada tali pusar. Bayi anda kira-kira sebesar pisang. Rambut, kuku dan wajahnya mulai terbentuk untuk kemudian memperlihatkan mirip ibu atau ayahnya. Bayi dalam kandungan sudah mulai melakukan pergerakan dan peregangan otot lebih intens dari sebelumnya.

 

  • Hamil Minggu ke 21

    hamil bulan 5 minggu 21Jika bayi anda berjenis kelamin perempuan, maka kini bayi anda telah memproduksi sel telur sebanyak 6 juta lebih untuk menjadikannya cadangan seumur hidupnya kelak. Sang bayi sudah mulai mendapatkan energi dan nutrisi lebih dengan cara menelan air ketuban, meskipun nutrisi masih disokong dari plasenta yang terhubung lewat tali pusar. Bayi masih punya banyak ruang untuk bergerak dalam rahim, dia bisa memutar badan bahkan jungkir balik sekalipun.

  • Hamil Minggu ke 22

    hamil bulan 5 minggu 22Pada hamil bulan ke 5 minggu ke 22 ini bayi anda akan mempunyai bulu mata dan alis lembut. Bahkan rambut pada kepala sudah mulai terlihat, jika kita mampu melihatnya rambut sang bayi belum mempunyai pigmen dan masih berwarna putih terang bukan berwarna hitam. Bayi anda sudah mulai bisa merasakan karena syaraf dan otak telah tumbuh dan memberikannya respon jika ada rangsangan. Dia telah mampu merasakan wajahnya dan gerakan tangan maupun kakinya. Bayi anda kurang lebih seukuran boneka kecil.

  • Hamil Minggu ke 23

    hamil bulan 5 minggu 23Didalam rahim bayi kita akan bernafas melalui air ketuban tidak menggunakan udara, namun pada minggu ini bayi anda sudah mulai mengembangkan paru-parunya untuk jika nanti lahir bisa bernafas menggunakan udara. Bayi anda berkembang cukup pesat pada minggu ini, karena perkembangan cepat itu kulitnya mungkin akan sedikit kendor namun akan kencang kembali setelah terisi lemak. Wajah telah terbentuk sempurna bahkan putingnya sudah mulai tumbuh. Miliaran sel otak terbentuk dan bayi mulai bisa mendengar detak jantung sang ibu bahkan suara dari luar yang jauh namun cukup keras akan dia dengar, seperti suara adzan, klakson, petasan dan lain-lain.

 

B. Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil 5 Bulan

ibu hamil 5 bulanSeorang ibu yang hamil 5 bulan sudah menyadari dirinya hamil dan bisa menerima kondisi tersebut, perut anda akan sudah terlihat membesar dan bagi orang-orang disekitar andapun sudah bakal tahu bahwa anda sedang hamil tanpa harus diberitahu dahulu. Dan mungkin inilah waktunya anda untuk berbelanja pakaian hamil atau menyiapkan pakaian hamil baik pemberian teman atau saudara, hal-hal seperti ini yang membuat kehamilan anda akan terasa spesial.

Kehamilan bulan ini anda masih merasakan gejala hamil yang sedikit mengganggu, seperti sembelit, mulas, sesak nafas, pusing, gusi berdarah maupun perubahan payudara yang umum terjadi pada wanita hamil.

1. Perubahan dan Gejala Fisik

  • Anda akan mulai merasakan gerakan janin dalam kandungan.
  • Anda akan lebih sering kekamar mandi untuk buang air kecil, karena ginjal anda akan bekerja lebih banyak pada bulan ini.
  • Anda akan benar-benar terlihat seperti halnya wanita hamil, karena rahim sudah berada ditengah yaitu pusar anda dan akan terlihat menjulang membuat perut terlihat besar.
  • Gejala-gejala umum wanita hamil masih anda rasakan: sembelit, mulas, sesak nafas, pusing, gusi berdarah maupun perubahan payudara.

2. Perubahan dan Gejala Emosional

  • ¬†Anda ingin tahu lebih banyak tentang perkembangan janin, kehamilan dan kelahiran.
  • Merasakan gerakan janin membuat emosional anda lebih besar terhadap kehadiran orang baru dalam kandungan. Hal ini juga berpengaruh pada pasangan anda, bagaimana dia melihat sesuatu yang baru dalam hidupnya.

 

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9