Pada usia hamil bulan ke 6 anda mungkin sudah mulai berbelanja untuk keperluan sikecil nanti, karena pada bulan ke 6 ini dokter biasanya sudah dapat memastikan jenis kelamin bayi anda melalui USG, jadi sudah tidak perlu memperkirakan ciri-ciri bayi laki-laki ataupun ciri-ciri bayi perempuan. Meskipun kalau menurut orang jawa mesti nunggu 7 bulan, tapi kalau itu tergantung adat dan kepercayaan masing-masing.

Kondisi sang bayi dalam kandungan pada kehamilan bulan ke 6 sudah mendekati matang, bahkan jika memang ternyata prematur bayi bisa bertahan hidup jika dilahirkan dengan perawatan intensif setelah lahir. Berat janin perkiraan bisa mencapai 2 kilogram dengan panjang kisaran 30 sentimeter.

Kulit bayi berwarna kemerahan, masih terlihat keriput dan pembuluh venanya masih terlihat karena kulitnya masih tipis.

A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 6

 

  • Hamil Minggu ke 24

    Phamil bulan 6 minggu 24ada minggu-minggu sebelumnya kulitnya sempat membentuk lemak dan sekarang lemak mulai hilang. Kulitnya akan terlihat transparan dan organ-organ seperti tulang, otot dan pembuluh darahnya masih bisa dilihat melalui kulitnya. Sekarang bayi mulai bisa merasakan keseimbangan karena organ keseimbangan didalam telingan bagian dalam sudah terbentuk. Dia sudah mengetahui posisinya didalam perut. Karena rahim masih cukup besar untuk bisa bergerak, dia akan bergerak untuk membuat dirinya nyaman. Bayi anda juga bisa merasakan gosokan diperut sang ibu, karena itu sang ibu bisa menggosok perut untuk menenangkannya jika ada suara keras yang mengagetkan. Karena bayi andapun memang sudah bisa merasakan jika ada suara keras atau gangguan disekitarnya, dia akan waspada.

  • Hamil Minggu ke 25

    hamil bulan 6 minggu 25Pada minggu ini kulit janin bayi sudah mulai berwarna merah muda, bukan karena kepanasan karena suhu dalam kandungan dijaga dengan sempurna oleh air ketuban. Kulit berubah warna karena dibawah lapisan kulit sudah membentuk kapiler yang kemudian diisi oleh aliran darah dalam tubuhnya, sehingga membuat warna kulit menjadi merah muda atau pink. Bayi juga sudah bisa buang air besar yang disebut mekonium yang terbentuk dalam usus besar, mekonium ini nanti akan ikut terbuang setelah dia lahir.

  • Hamil Minggu ke 26

    hamil bulan 6 minggu 26Pada minggu ke 26 bayi amda sudah bisa membuka dan menutup mata. Bayi anda memiliki pola tidur sendiri, jika bangun mungkin anda akan mendapati bayi anda menendang, meninju dan terus bergerak dan jika terdiam kemungkinan dia sedang tidur. Kadang jika anda beruntung, pola tidur bayi anda akan meniru pola tidur anda juga. Bayi anda sudah sudah memproduksi sistem kekebalan tubuh yang dia serap dari antibodi anda, hal ini untuk dia mempersiapkan diri saat dia lahir nanti.

  • Hamil Minggu ke 27

    hamil bulan 6 minggu 27Janin pada minggu ke 27 akan belajar bernafas menggunakan paru-parunya yang kini telah berkembang cepat. Dia belajar menghirup dan menghembuskan, meskipun belum menggunakan udara tapi menggunakan air ketuban. Janin dalam kandungan anda akan menunjukan aktivitas otak dan otak akan mulai bekerja sangat kompleks. Janin anda sekarang sudah bisa cegukan yang juga terjadi pada orang dewasa. Namun cegukannya tentu tidak bersuara, dia hanya akan menghenyutkan perutnya yang merupakan respon atas gerakan yang tidak terkendali pada diafragmanya.

 

B. Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil 6 Bulan

ibu hamil 6 bulanUsia kehamilan 6 bulan cukup menyenangkan dan kebanyakan wanita hamil benar-benar bisa menikmati kehamilannya. Gejala umum atau ciri-ciri hamil yang sudah menghilang, hanya sesak nafas yang mungkin justru bertambah.

Gejala dan ciri-ciri hamil pada bulan ke 6 sudah bukan lagi untuk mengetahui kalau anda sedang hamil atau tidak, hal ini lebih kepada perubahan dan perkembangan yang terjadi pada ibu hamil bulan ke 6.

Kemungkinan gejala-gejala hamil 6 bulan yang berkembang pada ibu adalah:

 

 1. Perubahan dan Gejala Fisik

  • Anda akan lebih mudah merasakan gerakan janin dalam kandungan seiring dengan perkembangan janin anda yang semakin besar dan kuat.
  • Anda mungkin akan merasakan mulas, dan jika hal ini mengganggu cobalah makan makanan ringan namun bergizi dan lebih sering serta hindari makanan yang menyengat seperti makanan terlalu pedas ataupun masam.
  • Pada beberapa wanita akan mengalami kontraksi Braxton-Hicks, dimana anda merasa rahim atau perut anda seperti diremas. Hal ini normal karena rahim anda sedang berlatih untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran. Namun jika kontraksi terjadi sangat sering dan lama cobalah konsultasikan ke dokter atau bidan, karena bisa jadi ini adalah ciri-ciri kelahiran prematur.
  • Anda benar-benar bisa menikmati kehamilan sebelum perut semakin membesar dan kelelahan datang menjelang datangnya hamil tua yaitu usia kehamilan 7-9 bulan.
  • Seksualitas anda akan meningkat pada bulan ini, mungkin inilah saatnya anda mulai berhungan kembali dengan pasangan anda.

2. Perubahan dan Gejala Emosional

  • ¬†Anda akan menerima dengan senang hati dan benar-benar bisa menikmati kehamilan.
  • Mungkin anda akan bermimpi hal-hal aneh, namun jangan terlalu diambil pusing dan terlalu memikirkannya.

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9