Hamil bulan ke 7 merupakan bulan kehamilan yang sakral bagi orang jawa, bahkan kalau orang jawa ada ritual syukuran dan doa yang biasa disebut dengan “mitoni“. Orang jawa dahulu pada bulan ke 7 sudah mulai mempersiapkan membuat popok bayi dan keperluan bayi lainnya. Dan dalam kenyataannya memang pada usia kehamilan 7 bulan jika dilahirkan prematur bayi anda sudah mampu bertahan hidup, namun tetap melihat kondisi bayi apakah perlu perawatan intensif atau tidak.

Jika anda USG pada usia ke 7 bulan, bayi anda sudah bisa dikatakan terbentuk sempurna dan jenis kelamin bayi sudah dapat diketahui dengan jelas lewat penglihatan USG tersebut. Ukuran janin dalam kandungan anda perkiraan panjang 36 cm dan beratnya kira-kira 2 kilogram.

Bayi dalam kandungan anda sudah bisa mendengar dengan baik, dia akan sering merubah posisi dan merespon terhadap sangsangan, misalnya cahaya, suara dan rasa nyeri.

A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 7

  • Hamil Minggu ke 28

    hamil bulan 7 minggu 28Pada minggu ke 28 inilah janin sudah mulai menutup dan membuka matanya. Dia mulai memproduksi banyak lemak dalam kulitnya sehingga kulitnya yang sebelumnya mengendor lama kelamaan akan menjadi lebih kencang. Pada minggu ini paru-parunya sudah cukup baik untuk digunakan bernafas menggunakan udara, sehingga jika dia dilahirkan pada minggu 28 ini dia bisa bernafas dan bertahan hidup.

 

  • Hamil Minggu ke 29

    hamil bulan 7 minggu 29Pada hamil minggu ke 29 janin dalam kandungan sudah mulai merasa sempit dalam kandungan dan energinya juga semakin besar, oleh karena itu mungkin anda akan merasakan tendangan, pukulan ataupun dorongan yang lebih keras dari sebelumnya. Kecerdasan dan kepribadian yang diproses oleh otaknya sudah mulai terbentuk, jika anda teliti mungkin anda bisa merasakan apa dan bagaimana respon dia terhadap suara-suara dari luar, cahaya dan bahkan makanan yang anda makan kadang bisa memberikan dia respon.

  • Hamil Minggu ke 30

    hamil bulan 7 minggu 30Pada kehamilan minggu ke 30 bayi anda akan mulai mengembangkan lemak lebih banyak dari sebelumnya yang membuat kulitnya semakin lembut, lemak putih dalam tubuhnya akan digunakan juga nanti setelah dilahirkan untuk membantunya menyesuaikan diri dalam mempertahankan panas tubuhnya. Banyaknya lemak ini bisa berpengaruh pada gerakannya dalam kandungan yang sedikit berkurang, namun jika tidak ada gerakan sama sekali yang anda rasakan maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

  • Hamil Minggu ke 31

    hamil bulan 7 minggu 31Pada minggu ini alat kelaminnya sudah mulai berkembang menuju kesempurnaan. Janin anda juga berkembang cukup cepat dalam hal berat badan, pertumbuhan berat badannya akan lebih besar dari pada panjangnya. Dia seharusnya juga sudah berada pada posisi yang benar untuk siap dilahirkan. Otak dan saraf utama mulai dikembangkan dengan baik untuk membantunya mempersiapkan kelima indranya.

 

 

 

B. Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil 7 Bulan

ibu hamil 7 bulanJika anda menghitung usia kehamilan anda, maka anda sudah memasuki trimester ketiga. Pada kehamilan bulan ke 7 sang ibu masih menikmati kehamilan tanpa hal-hal mengganggu. Bulan ini adalah kesempatan bagi anda untuk merelaksasi tubuh anda, memanjakan tubuh anda untuk istirahat dengan baik dan membuat diri anda nyaman.

Hal-hal baru dan menyenangkan akan menghiasi hari anda dan pasangan anda karena janin akan sering bergerak dan membuat perhatian anda dan pasangan kepadanya. Hal ini akan menambah kesegaran dan refreshing tersendiri bagi anda dan pasangan, dan obrolan pada malam hari akan lebih hidup dengan membiracakan hal-hal yang dibutuhkan sang bayi nanti dan kelak. Bahkan lamunan tentang masa depan sang calon bayi membuat special pada kehamilan anda.

1. Perubahan dan Gejala Fisik

  • Gejala hamil yang akan anda rasakan pada trimester ketiga ini mulai dirasakan. Gejala-gejala yang bisa mengganggu seperti susah atau kurang nyaman tidur dan sakit pinggang.
  • Perut anda akan mulai terlihat membesar seiring dengan perkembangan janin anda, dan akan mulai terlihat benjolan jika janin anda menedang atau bergerak mencari ruang dalam rahim.
  • Tubuh anda mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan ditandai dengan sendi akan terasa lebih kendor karena efek dari pelepasan rekalsin (relaxine).

2. Perubahan dan Gejala Emosional

  • Anda akan mempelajari semua hal tentang kelahiran dan perawatan bayi.
  • Anda mungkin makin penasaran dengan proses kelahiran dan mulai bertanya-tanya pada teman, kerabat dan ke dokter anda tentang proses kelahiran nanti.

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9