Pada kehamilan bulan ke 8 ini janin dalam kandungan mungkin akan mulai bergerak dan menendang lagi setelah pada bulan ke 7 pergerakan sedikit melambat karena proses berkembangnya lemak dalam tubuhnya. Lemak ini akan tetap berkembang di bulan ke 8 untuk menambah energi dan berat badannya. Menarik untuk mengikuti perkembangan janin anda dari bulan ke bulan.

Ukuran badan janin anda ada pada kisaran 45 cm untuk panjangnya dan sekitar 2,3 kg untuk berat badannya.

Perkembangan yang mencolok pada bulan ke 8 adalah pada perkembangan otaknya. Janin akan mengembangkan bagian-bagian otak penting untuk memberikannya indra yang baik. Perkembangan otak ini ditandai dengan pendengaran dan penglihatan yang semakin membaik. Organ-organ internalnya juga sudah bekerja dengan baik hanya paru-parunya yang belum benar-benar matang meskipun sudah siap digunakan.

A. Perkembangan Janin Hamil ke 8

  • Hamil Minggu ke 32

    hamil bulan 8 minggu 32Jika anda bertanya kapan janin siap untuk dilahirkan, maka pada minggu ini adalah waktunya. Janin bakal bisa bertahan hidup dengan sehat meskipun harus dilahirkan pada minggu ini. Semua organnya sudah berfungsi dengan baik, hanya pada paru-paru yang butuh sedikit perkembangan untuk berfungsi secara maksimal. Posisi janin juga sudah baik dengan menempatkan kepalanya dibawah.

 

  • Hamil Minggu ke 33

    hamil bulan 8 minggu 33Hamil minggu ke 33 ini janin akan berkebang semakin besar dan dia akan merasa cukup sempit berada dirahim. Gerakan bayi akan lebih berkurang, sudah sempitnya rahim karena dia sudah mulai tumbuh besar menyebabkan jika dia bergerak maka anda akan merasakan sikunya mulai menyikut dan kadang terlihat benjol-benjol pada perut anda. Kejadian-kejadian dari dunia luar sudah mulai mempengaruhinya, pada masa ini otak besarnya akan terus berkembang.

 

  • Hamil Minggu ke 34

    hamil bulan 8 minggu 34Minggu ke 34 janin anda akan banyak terdapat lapisan seperti lapisan keju berwarna putih, lapisan lilin ini akan menjaga kulitnya aman. Lapisan kulit ini disebut juga dengan lapisan pelindung vernix caseosa. Lapisan ini akan tampak pada saat dilahirkan, biasanya setelah dilahirkan maka bidan akan segera membersihkannya dengan dimandikan untuk pertama kalinya. Calon bayi anda akan mulai bisa mendengarkan lagu sederhana, jika anda mulai ngomong pada bayi anda pada minggu ini meskipun dia belum bisa mengerti dia akan mendengarkan. Jadi jangan terlihat konyol kalau anda berbicara dengan janin anda, karena dia memang sudah bisa mendengar.

  • Hamil Minggu ke 35

    hamil bulan 8 minggu 35Pada minggu ke 35 posisi janin dalam kandungan hampir semua atau sekitar 97% kepalanya sudah berada dalam posisi dibawah dan sisannya pantat atau bokongnya dibawah atau bisa kita sebut dengan posisi sungsan. Hampir 99% bayi yang dilahirkan pada minggu ke 35 sudah mampu bertahan hidup jika dilahirkan dan tanpa masalah serius yang berarti, pada umumnya hanya pada otak dan paru-parunya saja yang belum berkembang sempurna sepenuhnya.

 

  • Hamil Minggu ke 36

    hamil bulan 8 minggu 36Lapisan lemak pada tubuhnya sudah mulai banyak dan tebal, bisa mencapai 15% dari total berat badannya. Jika bayi anda laki-laki maka testisnya sudah mulai menurun. Pendengaran bayi semakin membaik dan bisa mendengar suara dari luar semakin baik, dia akan merespon pada suara dengan nada tinggi. Otot yang digunakan untuk menghisap sudah mulai baik, sehingga jika dia dilahirkan sudah mampu makan dengan cara menghisap susu dari sang ibu.

 

B. Perkembangan ibu dan Gejala Hamil 8 Bulan

ibu hamil 8 bulanKehamilan bulan ke 8 membuat anda mengalami gejala-gejala hamil yang mulai mengganggu. Hal ini karena janin dalam perut anda sudah mulai membesar, terlihat juga pertumbuhan janin yang semakin cepat dan mulai kekurangan ruang gerak.

Tantangan fisik anda mulai diuji pada bulan ke 8, melakukan peregangan, senam dan berenang dapat merelaksasi anda untuk membantu anda tetap fresh dan membantu mengurangi stres. Gejala-gejala hamil tua yang beberapa bulan sebelumnya sudah anda alami akan mulai kembali terasa, seperti kelelahan, sering buang air maupun insomnia.

 

 1. Perubahan dan Gejala Fisik

  • Kandung kemih mulai tertekan oleh rahim yang membesar dan turun ke panggul sehingga membuat anda sering buang air kecil. Bahkan kadang saat bersin atau tertawa akan akan mengeluarkan air seni atau urine.
  • Semakin beratnya janin dalam kandungan membuat anda mudah lelah, beberapa wanita akan mengalami bengkak pada kaki dan mengalami varises otot kaki.
  • Pada beberapa wanita stretch mark mudah mulai terbentuk seiring melebarnya kulit karena dorongan janin dalam kandungan.
  • Beberapa wanita susah tidur pada malam hari, namun bisa tidur pada siang hari. Tak masalah, terpenting anda tetap istirahat untuk menjaga kondisi tubuh.
  • Kontraksi Braxton-Hicks dan mulas masih dirasakan.

2. Perubahan dan Gejala Emosional

  • ¬†Kelahiran yang semakin dekat mungkin membuat anda khawatir tentang kemampuan anda dalam melahirkan dan menjadi orang tua
  • Berbagilah pada pasangan tentang kelahiran baik persiapan fisik maupun mental

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9