Kehamilan bukan ke 9 adalah usia kehamilan yang mungkin membuat nervous atau gugup pada beberapa sang ibu khususnya yang baru pertama kali hamil karena memikirkan masalah menghadapi kelahiran nanti. Support atau dukungan dari orang-orang terdekat memang diperlukan supaya sang ibu tidak panik dan takut menghadapi kelahiran, dan konsultasilah ke dokter kandungan anda untuk mengetahui perkembangan janin anda dengan baik dan mempersiapkan segala sesuatunya. Dalam kenyataannya, seharusnya anda berbahagia dalam kehamilan 9 bulan ini, karena inilah masa-masa yang sudah anda tunggu menantikan kelahiran sang buah hati.

Pada hamil bulan le 9 atau sudah pada akhir trimester ketiga bayi anda sudah seharusnya berada pada posisi siap lahir, yaitu kepala dibawah. Otak dan paru-parunya sudah hampir berkembang sepenuhnya untuk siap bernafas dan merasakan kejadian-kejadian didunia nanti. Janin anda akan mampu untuk merespon suara, cahaya dan sentuhan.

Perkembangan ukuran janin anda kurang lebih panjangnya 46-51 cm dan berat badannya berkisar pada 3 kilogram.

A. Perkembangan Janin Hamil Bulan ke 9

  • Hamil Minggu ke 37

    hamil bulan 9 minggu 37Pada hamil bulan ke 9 ini janin sudah memiliki antibodi yang tersalurkan melalui tali pusar. Antibodi ini penting untuk kekebalan tubuhnya nanti jika telah dilahirkan. Janin anda akan semakin kuat, kulitnya semakin halus dan gusinya sudah mulai kaku. Hati dan ginjalnya sudah mulai berfungsi dan bekerja. Panca indranya sudah banyak berkembang dan dia akan mengenali suara ibunya, jika telah lahir nanti dia akan merespon bisa dengan memutar kepalanya jika mendengar suara ibunya. Karena dia telah mulai mengenalinya pada masa kehamilan tua anda. Koordinasi gerakan jarinya mulai terbentuk, jika lahir hal ini ditandai dengan respon dia untuk menggenggam atau berpegangan jari sang ibu.

  • Hamil Minggu ke 38

    hamil bulan 9 minggu 38Sekarang bayi anda sudah merasa nyaman dengan posisinya, dia akan menggantung pada bawah rahim siap dilahirkan. Bayi anda sudah banyak berkembang dan lapisan putih (vernix caseosa) yang ada sebelumnya sudah mulai perlahan-lahan luntur atau rontok, namun anda tetap akan melihatnya beberapa saat dia lahir nanti. Perkembangan otaknya semakin baik tiap harinya sehingga mampu melakukan pekerjaan kompleks untuk memfungsikan organ-organ tubuh dan responnya, jika dilahirkan pada minggu ini maka bayi anda sudah bisa dibilang lahir normal dan bayi siap lahir.

  • Hamil Minggu ke 39

    hamil bulan 9 minggu 39Perkembangan otak dan tubuhnya semakin pesat dari hari ke hari, bayi anda mungkin sudah memiliki 1-2 cm rambut, kukunya juga sudah mulai tumbuh dan antibodi terus berkembang mempersiapkan untuk menangkis berbagai penyakit. Pada umumnya jika normal maka posisi badannya akan terlihat miring kebawah dengan kepala menghadap ke panggul (anterior presentation), begitulah nanti posisi bayi akan lahir meskipun kadang ada posisi bayi yang menghadap keperut (cephalic posterior). Jika posisi bayi anda sungsang maka kemungkinan dokter akan menyerankan ke anda untuk operasi caesar.

  • Hamil Minggu ke 40 – 41

    hamil bulan 9 minggu 40Diakhir kehamilan bulan ke 9 bayi anda sudah memiliki kira-kira panjang 50-51 cm dan berat badannya 3 – 3,4 kg. Bayi anda sudah siap dilahirkan dan perkembangan paru-parunya semakin membaik dan siap untuk digunakan bernafas jika dilahirkan. Otaknya berkembang baik dan nalurinya akan bekerja, dia akan menghisap jarinya sendiri seperti halnya dia akan bisa menyusu karena nalurinya. Saat dilahirkan mungkin tengkorak kepalanya masih belum sempurna dan matanya sedikit membengkak, lapisan lemak putih (vernix caseosa) juga mungkin masih ada. Namun jangan khawatir, dia akan berkembang menyempurkannya dan lapisan putih akan hilang setelah dimandikan. Inilah saatnya anda menyambut satu lagi anggota keluarga baru anda, sang buah hati.

 

B. Perkembangan ibu dan Gejala Hamil 9 Bulan

ibu hamil 9 bulanPerjalanan kehamilan anda berada pada tahap akhir, gejala-gejala hamil tua yang sudah anda rasakan pada bulan sebelumnya masih anda rasakan. Seiring membesarnya janin anda mungkin masih merasa lelah, kaki bengkak dan sering buang air kecil.

Menjelang kelahiran mungkin ini adalah masa-masa anda menunggu kelahiran, dan bagi orang tua mungkin anda sudah tidak sabar lagi menunggu kehadiran sang buah hati. Bagi sang bunda mungkin sudah menyiapkan lahir dan batin untuk hal-hal detil bagi sang bayi.

 

1. Perkembangan dan Gejala Fisik

  • Perut anda kini sudah begitu besar dan jika anda ukur dari tulang kemaluan anda bisa mencapai 40 cm.
  • Kontraksi (Braxton-Hicks) akan semakin sering untuk mempersiapkan diri anda menghadapi kelahiran nanti
  • Payudara akan mempersiapkan diri untuk nanti bisa menyusui, hal ini bisa ditandai dengan keluarnya beberapa cairan susu.

2. Perkembangan dan Gejala Emosional

  • Anda akan merasa percaya diri akan mampu menyusui
  • Setiap wanita akan mengalami menjadi seorang ibu pada waktunya, nikmati perjalanan kehamilan dan hari-hari bersama sang buah hati.

 

 


Hamil bulan ke: 1 2 3 4 5 6 7 8 9