Mudah lelah, tubuh terasa lemas dan begitu capek meskipun hanya melakukan kegiatan atau pekerjaan rumah yang tidak berat, bisa jadi anda sedang hamil. Mudah lelah merupakan ciri-ciri orang hamil yang biasanya dirasakan pada awal kehamilan mulai dari hamil 1 bulan hingga ke 3 bulan atau pada trimester pertama kehamilan. Rasa capek dan kelelahan ini akan berkurang pada trimester kedua (hamil 4-6 bulan) dan kemudian akan muncul kembali pada trimester ketiga (hamil 7 bulang – hamil 9 bulan). Mudah lelah ini merupakan hal yang normal dan wajar dirasakan oleh wanita hamil sebagai salah satu gejala hamil dan tidak membahayakan untuk ibu dan janin.

ciri hamil: lelah, capek dan lemas

Penyebab Mudah Lelah Saat Hamil

  • Pada kehamilan trimester pertama, terutama pada awal hamil atau dibulan pertama maka tubuh anda sedang mempersiapkan diri untuk membentuk plasenta yang kemudian nanti dijadikan penyangga kehidupan bagi janin dalam kandungan anda. Dalam pembentukan plasenta ini, tubuh anda bekerja sangat keras ditandai dengan meningkatnya hormon kehamilan (hCG) yang cepat dan dua kali lipat tiap hari dan memaksa metabolisme tubuh anda juga bekerja dalam intensitas tinggi. Hal ini membuat gula darah dan tekanan darah anda turun dalam level rendah dan sehingga anda akan merasa selalu capek dan mudah sekali lelah.
  • Pada kehamilan trimester ketiga, anda akan merasakan kembali kelelahan. Namun kali ini penyebabnya bukan karena pembentukan plasenta. Namun tubuh anda juga bekerja keras untuk membantu janin anda berkembang cepat. Suplai makanan dan gizi pada janin diambil dari konsumsi anda, pada perkembangan janin mulai awal trimester terakhir janin anda berkembang pesat mulai dari perkembangan fisik hingga otaknya.

Menghadapi Kelelahan Saat Hamil

Kelelahan dan capek ini mungkin akan mengganggu aktivitas harian anda, lalu bagaimana cara menghadapi kelelahan saat hamil? berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda.

  • Dengarkan Tubuh Anda. Jika anda merasa lelah dan capek maka instirahatlah. Setiap tubuh mempunyai batas kemampuannya, dan hanya andalah yang bisa merasakan kondisi kelelahan tubuh anda. Jangan coba menjadi wanita super dengan memaksakan tubuh anda yang sedang hamil untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah dengan semangat tinggi. Biarkan pekerjaan menunggu, biarkan piring kotor, biarkan baju belum tersetrika dan biarkan cucian baju menunggu tubuh anda fit kembali. Ukur kemampuan tubuh anda dan jangan memaksakan diri.
  • Banyak Tidur dan Istirahat. Jika anda mendapati anda sedang mengantuk maka tidurlah, cukupkan tubuh anda istirahat dan tidur lebih awal untuk membuat tubuh anda lebih rileks, ingat dalam perut atau tubuh anda sedang bekerja keras membentuk plasenta. Jika anda belum ngantuk tapi lelah, tiduran dan bersantai mungkin bisa membantu.
  • Bantuan dari orang lain. Jika biasanya anda mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri, maka kini waktunya anda meminta bantuan pasangan atau kerabat anda untuk mengerjakan pekerjaan anda. Tidak perlu malu dan sungkan, karena mereka juga tahu anda sedang hamil. Jangan menjadikan diri anda martil dengan membahayakan janin dalam kandungan anda.
  • Pola Makan yang Benar. Dengan kondisi anda yang sedang hamil penting bagi anda untuk mendapatkan gizi dan kalori yang cukup untuk menunjang kerja tubuh anda dalam mempersiapkan diri menyokong kehidupan baru dalam tubuh anda. Mengkonsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat yang cukup harus anda penuhi. Kafein dan gula bisa saja membantu anda untuk mendapatkan dan meningkatkan energi. Dalam kehamilan awal anda mungkin mengalami mual dan muntah (morning sickness) sehingga pola makan anda bisa anda atur dengan makan sedikit namun sering makan, jangan malu untuk makan 5 hingga 6 kali dalam sehari karena tubuh anda memang membutuhkannya.
  • Olah Raga Ringan. Yang dimaksud olah raga ringan kali ini lebih pada menggerakan tubuh anda dan membantu menghilangkan stress karena gejala hamil yang mengganggu anda. Tiduran memang terasa lebih menyenangkan namun bermalas-malasan yang berkelanjutan justru tidak membantu anda lebih baik. Jika kondisi anda sedang baik dan tidak capek cobalah untuk berolah raga ringan, seperti jalan-jalan ditaman sambil menghirup udara segar dan berenang dapat membantu anda merasa lebih fresh dan bisa tidur lebih pulas dimalam harinya. Namun tetap ingatlah jangan melakukan olah raga berat.

 Kelelahan dan capek saat hamil memang gejala normal untuk wanita hamil, namun jika anda sudah mengalami kelelahan yang sangat dan disertai dengan gejala sesak nafas dan bahkan hingga pingsan sebaiknya anda menghubungi dokter atau bidan untuk mendapatkan pengobatan atau penambah darah karena mungkin anda mengalami anemia karena kerja keras tubuh anda. Dari sisi emosional jika anda mengalami kelelahan saat hamil yang disertai kecemasan berlebih, panik dan hilangnya nafsu makan sebaiknya juga konsultasikan ke dokter atau bidan karena mungkin anda mengalami depresi prenatal atau depresi karena kehamilan. Ingatlah juga bahwa pada masa trimester pertama kehamilan adalah usia kehamilan yang perlu diwaspadai untuk menghidari keguguran, dan kecapekan pada awal-awal hamil merupakan pemicu terjadinya keguguran terutama jika sudah terjadi pendarahan.

Semoga anda bisa mengatasi kelelahan dan capek saat hamil ini tanpa panik dan stress berlebih dan menjalani kehamilan dengan sehat dan selamat untuk ibu dan janin dalam kandungan.