tespek (test Pack) merupakan salah satu cara tes kehamilan untuk mengetahui kehamilan paling mudah dan akurat. Alat tes hamil ini paling mudah dicari dan dapat ditemukan disemua apotik. Bagi anda yang sudah merasakan adanya ciri-ciri hamil, baik ciri fisik maupun psikologis dan anda terlambat datang bulan maka langkah selanjutnya adalah memastikan kehamilan anda dengan melakukan tes hamil menggunakan tespek karena tespek ini mempunyai akurasi mendeteksi hamil sebesar 97%.

Tes kehamilan sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Pemeriksaan USG, dengan langsung melihat janin.
  • Tes darah, untuk menguji kadar hCG.
  • Tes urine, prinsip sama tes darah yaitu deteksi hCG melalui urine.

Dan yang akan kita bahas adalah cara paling mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah yaitu tes hamil dengan cara tes urine menggunakan tespek.

hasil tes hamil tespek (test pack)

A. Pengertian tespek (test pack) dan cara kerjanya

Tespek (test pack) adalah alat untuk mengetahui kehamilan dengan mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) yang terdapat dalam urine (air seni) atau darah yang diproduksi oleh sel telur setelah dibuahi dan menempel pada dinding rahim.

Setelah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma dan anda hamil, maka sel telur akan memproduksi hCG dengan pesat dengan produksi dua kali lipat tiap hari. Hormon ini yang akan dibaca oleh tespek sekitar seminggu setelah pembuahan.

B. Penggunaan Tespek (test pack)

 

1. Kapan sebaiknya melakukan tes hamil menggunakan tespek?

Jika anda melakukan tes kehamilan terlalu dini yaitu setelah implantasi yang ditandai dengan pendarahan kecil atau flek, mungkin hasil yang anda peroleh tidak begitu akurat atau terlihat samar. Tes hamil dengan tespek ini bisa anda lakukan paling tidak 7 hari setelah berhubungan (pembuahan). Jika dihitung usia kehamilan anda, pada periode ini anda sudah masuk usia hamil bulan ke 1.

Banyak produsen tespek yang mengklaim mampu mendeteksi kehamilan pada hari ke 7 setelah pembuahan dan memang tes hamil pada hari ke 7 setelah pembuahan ini sudah bisa menunjukan anda positif hamil atau negatif meskipun kadang masih samar garisnya. Pada kenyataannya produksi hormon kehamilan hCG pada setiap wanita berbeda-beda, namun pada umumnya tespek mampu mendeteksi dengan jelas pada 2 minggu setelah pembuahan.

2. Cara Menggunakan Tespek

Semua produsen tespek selalu menyertai dengan petunjuk penggunaan tespek. Pastikan anda membaca terlebih dahulu untuk mengerti cara penggunaan dan metodenya. Untuk memperjelas cara menggunakan tespek dan hasilnya bisa kita pelajari penjelasan berikut.

– Persiapan

Langkah persiapan menggunakan tespek adalah tahap diri anda mempersiapkan alat dan kenyamanan diri. Alat misalnya wadah atau gelas menampung urine dan tentu siapkan alat tes kehamilan sesuai pilihan anda masing-masing. Periksa kedaluarsa tespek, jika masih bagus buka dan siap digunakan. Dalam kenyamanan diri, anda bisa memilih tempat melakukan tes kehamilan. Paling mudah tentu dikamar mandi atau toilet.

– Proses menggunakan Tespek

cara penggunaan tespek hamil (test pack)Dalam proses menggunakan tespek, bebera anjuran adalah gunakan urine pada tengah buang air kecil, jadi anda bisa keluarkan urine awal sedikit dahulu lalu ditampung ataupun langsung digunakan ke tespek sesuai petunjuknya. Cara penggunaan tespek inipun berbeda-beda tiap merk atau produsen. Cara-cara penggunaan tespek tersebut antara lain:

  • Saat buang air kecil anda pegang tespek dan arahkan pada aliran urine sehingga bagian yang biasanya lebih lancip terkena aliran urine tersebut.
  • Tampung urine dalam cangkir, gelas atau wadah kecil dan masukan atau celupkan tespek kedalam cangkir dengan ujung lancip atau yang bertanda khusus dibagian bawah.
  • Tampung urine dalam gelas atau wadah kemudian gunakan pipet untuk meneteskan urine ke tespek yang biasanya ada wadahnya. Cara ini biasanya sudah disertakan pipet pada paket tespeknya.

Proses pencelupan ataupun pengenaan urine kurang lebih 10 sampai 15 setik. Setelah itu diamkan tespek dengan menaruh bagian tes diatas, agar tidak terkena basah atau zat cair lainnya.

– Pembacaan Hasil Tespek

Pada beberapa merk menyebutkan perbedaan waktu dalam menunggu hasil tespek bisa 5 sampai 10 menit, namun pada umumnya hasil tes bisa dilihat setelah 2 menit. Hasil ini akan keluar dan menunjukan satu garis jika negatif hamil, dua garis jika positif hamil atau tidak ada garis jika salah cara menggunakannya. Selanjutnya baca artikel dibawah mengenai hasil tes kehamilan menggunakan tespek.

Yang mejadi hal penting pada penggunaan tespek ini adalah bagian ujung yang harusnya terkena urine, jangan sampai terbalik karena pendeteksi hormon hCG ada pada bagian tersebut.

Kebanyakan tespek mempunyai indikator kontrol untuk mengetahui apakah penggunaan sudah benar atau tidak, jika penggunaan salah maka garis kontrol yang biasanya diberi simbol huruf C tidak muncul.

Biasanya setiap tespek berbagai merk akan disertai dengan nomor aduan atau nomor customer hotline, jika anda tidak yakin atau butuh bantuan tentang penggunaan tespek maka silahkan menghubungi nomor tersebut.

C. Hasil Tespek (test pack)

 

 

 1. Negatif Hamil Tanda Satu Garis (Tidak Hamil)

tespek negatif satu garisPengujian tes hamil dengan tespek yang menunjukan satu garis berarti anda tidak hamil. Satu garis itu sebenarnya adalah garis kontrol yang biasanya disertai dengan indikator simbol huruf C yang menunjukan bahwa penggunaan anda sudah benar namun pada garis kedua tidak muncul karena pada urine anda tidak terdapat adanya hormon kehamilan hCG. Keakuratan tespek juga bisa mempengaruhi hasil tes hamil cara urine ini, jika anda yakin dan merasakan ciri-ciri hamil anda bisa gunakan tespek dengan sensifitas yang baik yang biasanya harga lebih mahal.

Jika garis control tidak muncul yang artinya tidak ada garis sama sekali, menunjukan penggunaan anda salah dan harus anda ulang dengan cara yang benar untuk mengetahui hasil tes hamil anda.

 

2. Positif Hamil 2 Garis Jelas ataupun Samar

tespek positif dua garis jelasSetelah didiamkan dan mulai terlihat adanya 2 garis jelas pada tespek anda, maka 97% anda sedang hamil muda. Untuk cara mendapatkan kepastian lain anda bisa kedokter atau bidan untuk uji kembali.

Kadang ketika kita melakukan tes kehamilan tespek menunjukan hasil yang samar-samar atau garis yang tidak jelas dan berwarna kurang terang atau tidak tegas. Lalu apakah saya hamil jika hasilnya dua garis samar? ya, tidak penting garis jelas atau tidak jelas. Jika 2 garis maka anda sedang hamil. Untuk memastikan kembali sebaiknya anda melakukan tes kehamilan kembali pada 7 hari berikutnya, karena kemungkinan besar hormon hCG anda belum begitu banyak dan beberapa faktor mempengaruhi penyebab hasil tespek samar-samar.

 

tespek positif hamil dua garis samarApa faktor penyebab hasil tespek samar?

  • Tes kehamilan dilakukan terlalu dini. Produksi hormon hCG pada tiap orang memang berbeda-beda, namun sesaat setelah pembuahan berhasil hCG belum langsung diproduksi. hCG diproduksi pada saat setelah berhasil menempel pada rahim yang biasanya terdeteksi 6 hingga 9 hari setelah ovulasi.
  • Sensifitas alat tespek. Alat tespek punya sensitifitas masing-masing, keakuratan dan sensitifnya alat ini menjadi pembeda dalam kejelasan garis. Jika tespek sensitif garis lebih tegas dan jika kurang sensitif garis menjadi samar. Namun tetap saja jelas atau samar alat telah mendeteksi adanya hormon hCG, dan anda dideteksi sedang hamil.
  • Urine terlalu encer. Kekentalan urine bisa menunjukan hasil yang lebih tegas karena kadar hCG lebih tinggi. Terlalu banyak minum air membuat urine encer, sebaiknya kurangi minum sebelum melakukan tes. Sebaiknya gunakan urine ditengah dengan cara keluarkan sedikit dahulu lalu ditampung. Urine pada saat bangun tidur juga bagus karena lebih kental setelah terdiam selama satu malam.

 

 D. Akurasi Tespek

Seberapa besarkah sebenarnya tes kehamilan sendiri dirumah menggunakan tespek? Sangat akurat. Meskipun diperkirakan 97% tingkat keakurasiannya namun dalam kenyataannya jika anda mengikuti petunjuk atau menggunakannya dengan benar maka akurasi tes 99%-100%.

Jika anda menggunakan tes kehamilan dengan tes darah akurasinya lebih besar yaitu 99,8% karena tingkat salah penggunaan alat sangat minim.

Pada tes hamil menggunakan tespek ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat akurasinya, antara lain:

  • Ketelitian anda dalam menggunakan tespek dengan benar, cara penggunaan yang benar membuat tes hamil akurat.
  • Kecepatan proses implantasi setelah terjadinya ovulasi dan pembuahan, hal tergantung dari tiap-tiap individu.
  • Kapan anda melakukan tes hamil, terlalu cepat membuat tes tidak akurat karena hormon hCG belum dikeluarkan sebelum proses implantasi terjadi meskipun pembuahan berhasil.
  • Sensivitas alat tes kehamilan atau tespek dan perhatikan tespek (test pack) harus masih baik digunakan atau belum kedaluarsa.
  • Hamil anggur, yaitu kasus ketika terjadi pembuahan dan implantasi dan mengakibatkan munculnya hormon hCG tapi yang terjadi bukan hamil namun sejenis kanker. Dinamakan juga hamil palsu.